Info Search Engine

Shape 5 Live Search

Search Engine adalah perangkat lunak atau lebih sering disebut robot atau jaring laba laba yang diprogram untuk mencari website-website yang baru.

Robot ini bekerja dengan cara mengunjungi dari website satu ke website lainnya. Saat mengunjungi website, robot-robot tersebut akan mencatat setiap halaman yang ada pada website tersebut.

Robot-robot tersebut akan mengunjungi ulang website-website yang pernah dikunjunginya secara teratur untuk memastikan apakah website yang telah terindex masih ada atau tidak.

Page Rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang dianggap penting / populer oleh google.com. PageRank dihitung dengan skala 1-10. Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. Oleh karena itu, dengan dipasang di web promosi yang ber-page rank tinggi, maka kunjungan website dapat terangkat.

Google

Perbedaan diantara masing-masing mesin pencari primer biasanya tidak signifikan. Google merupakan raja mesin pencari, terutama jika dilihat dari akurasi hasil pencarian yang dapat dia berikan. Meskipun Google juga memberikan berbagai fasilitas tambahan, dari mulai email gratis sampai pemetaan dengan memanfaatkan citra satelit, fasilitas-fasilitas tambahan itu bukanlah alasan utama yang menjadikannya sangat populer.

Yang membuat Google berubah dari sebuah nama menjadi sebuah kata adalah tingkat akurasi dari hasil pencarian yang dapat diberikan. Tingkat akurasi ini dihasilkan dari rancangan algoritma pencarian Google yang mengkombinasikan kata kunci dengan popularitas link. Masuknya popularitas link ke dalam formula algoritma pencarian menghasilkan tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan hanya mendasarkan pada kata kunci.

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa kata kunci dan popularitas link hanya dia dari sekitar dua ratus indikator yang dipakai Google dalam menilai relevansi dari sebuah halaman web.

Sebagai pemilik website, anda harus sudah memasukan SEO sebagai elemen integral pada saat website mulai dibangun, menentukan kata kunci yang relevan untuk dijadikan target, menempatkan kata kunci tersebut dengan komposisi yang tepat pada halaman website, menyusun meta-tag yang tepat, menyusun isi yang baik, menyusun struktur yang tepat, memilih dan memulai program pay-per-click dan paid-inclusion, mendapatkan link dari website lain.

Elemen-elemen yang perlu diperhatikan dalam upaya strategi SEO, diantaranya adalah:

  1. Tagging
    Meta tag yang termasuk di dalam kode masing-masing halaman website merupakan elemen penting agar suatu halaman website dimasukkan ke dalam hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kita harapkan. Tag yang sangat menentukan adalah TITLE, KEYWORDS dan META DESCRIPTION.

  2. Isi halaman
    Kunci SEO adalah artikel baru, relevansi dengan kata kunci yang kita targetkan harus dekat, keterkaitan website lain dengan website kita, update website anda, perbanyak isi halaman website anda. Perlu diingat, prioritas utama mesin pencari (search engine) adalah isi dari halaman web, baik itu informasi atau produk yang mereka butuhkan. Jika isi website anda jarang diperbaharui, mesin pencari akan mulai meninggalkan website kita dan memberikan nilai lebih baik kepada website yang isinya lebih sering diperbaharui.

  3. Link
    Crawler (atau robot) menganalisa link baik dari suatu halaman website maupun ke halaman suatu website, untuk diikuti dalam penjelajahannya mengumpulkan informasi mengenai website kita. Catatan perjalanan crawler akan dianalisa mesin pencari untuk menentukan hubungan antar halaman yang terhubung oleh suatu link. Link yang masuk harus datang dari halaman lain yang relevan, link yang keluar juga harus menuju halaman lain yang relevan. Broken link (link yang halaman tujuannya tidak dapat ditemukan) memberikan pengaruh yang sangat buruk. Oleh karena itu, pastikan semua link di website anda bekerja dengan baik.